Header Ads

petunjuk penyelenggaraan Saka Bahari






PETUNJUK PENYELENGGARAAN
SATUAN KARYA PRAMUKA BAHARI
KEPUTUSAN KWARTIR NASIONAL GERAKAN PRAMUKA NOMOR: 158 TAHUN 2011
Bab,VI.hal,11-12, tentang Dewan Saka Bahri dan Dewan Kehormatan Saka Bahari

1.             Dewan Saka Bahari
a.      Susunan Dan Fungsi :
1.      Dewan Saka Bahari terdiri atas Ketua, Sekretaris, Bendahara dan beberapa anggota yang berasal dari anggota Saka Bahari dan dipilih oleh anggota Saka Bahari melalui Musyawarah Saka Bahari.
2.      Pada hakekatnya fungsi Dewan Saka Bahari sama dengan Dewan Ambalan Penegak atau Dewan Racana Pandega.
3.      Dewan Saka Bahari bertanggung jawab atas perencanaan dan pelaksanaan kegiatan Saka Bahari sehari-hari.
4.      Masa bakti Dewan Saka Bahari adalah 2 (dua) tahun dapat dipilih kembali untuk masa bakti berikutnya,sebanyak-banyaknya untuk 2 (dua) kali masa bakti.
b.      Syarat-syarat Keanggotaan Dewan Saka Bahari :
1.      Memenuhi syarat-syarat anggota Saka Bahari.
2.      Sedikitnya sadah aktif dalam Saka Bahari selama 6 (enam) bulan.
3.      Memiliki bakat kepemimpinan yang baik dan pengetahuan serta pengalaman yang memadai untuk tugasnya sebagai Dewan Saka Bahari.
c.       Kewajiban Dewan Saka Bahari
1.      Memimpin dan melaksanakan kegiatan Saka Bahari secara berdaya guna dan tepat guna dengan penuh tanggung jawab sesuai dengan tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan dibawah bimbingan Pamong Saka Bahari.
2.      Menjadi motor penggerak dalam pemikiran, perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan pengendalian kegiatan Saka Bahari.
3.      Menjaga dan memelihara Citra Saka Bahari di kalangan masyarakat.
4.      Memelihara dan meningkatkan hubungan baik dengan :
a)      Pamong Saka Bahari.
b)      Instruktur Saka Bahari.
c)      Mabi Saka Bahari.
d)     Gudep tempat para anggota Saka Baharinya bergabung.
e)      Pengurus/Andalan Kwartir.
f)       Dewan Kerja Ranting dan Dewan Kerja Cabang.
5.      Dengan bantuan Mabi Saka Bahari Dan Pamong Saka Bahari. Dewan Saka Bahari mengusahakan tenaga-tenaga ahli atau tokoh-tokoh masyarakat yang berpengetahuan atau berpengalaman untuk dijadikan instruktur dalam suatu bidang yang diperlukan.
6.      Memberi laporan berkala tentang pelaksanaan kegiatan Saka Bahari kepada Kwartir melalui Pamong Saka Bahari dan Pimpinan Saka Bahari.

2.              Dewan Kehormatan Saka Bahari
a.      Dewan Kehormatan Saka Bahari adalah badan dibentuk oleh Saka Bahari untuk menyelesaikan hal-hal tertentu yang menyangkut nama baik seorang anggota Saka Bahari Atau Nama baik Saka Bahari dan menyusun data yang diperlukan untuk pengusulan pemberian anugerah serta tanda penghargaan kepada anggota Saka Bahari.
b.      Dewan kehormatan Saka Bahari bersidang karena adanya :
1)      Pelangaran terhadap isi Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tanggga Gerakan Pramuka, ketentuan-ketentuan Saka Bahari, disiplin, kehormatan Saka Bahari Yang Dilakukan oleh anggota Saka Bahari, Instruktur Saka Bahari Dewan Saka Bahari, Pimpinan Krida.
2)      Pernyataan keberatan dan membela diri dari Anggota Saka Bahari yang dianggap melanggar Anggaran Dasar, Anggaran Rumah Tangga dari ketentuan Gerakan  Pramuka.
3)      Pernyataan merehabilitasi nama baik anggota Saka Bahari yang terkena sanksi.
4)      Pengusulan pemberian anugerah atau penghargaan bagi yang berprestasi.
c.       Dewan Kehormatan Saka Bahari memutuskan pemberian sanksi dalam bentuk :
1)      Pemberhentian sementara.
2)      Pemberhentian keanggotaan Saka Bahari sekaligus pengembalian yang bersangkutan ke Gudepnya.
d.      Dewan kehormatan Saka Bahari terdiri atas :
1)      Pamong Saka Bahari sebagai ketua.
2)      Intruktur Saka bahari.
3)      Dewan Saka Bahari.
4)      Pemimpin Krida.
e.       Dewan Kehormatan Saka Bahari memberi laporan tentang keputusan yang diambilnya kepada ketua Gudep anggota Saka Bahari yang bersangkutan, ketuan kwartir Ranting, Ketua Kwartir Cabang dan Mabi Saka Bahari melalui Pamong Saka Bahari. 

No comments

Powered by Blogger.