petunjuk penyelenggaraan Saka Bahari
PETUNJUK PENYELENGGARAAN
SATUAN KARYA PRAMUKA BAHARI
KEPUTUSAN
KWARTIR NASIONAL GERAKAN PRAMUKA NOMOR: 158 TAHUN 2011
Bab,VI.hal,11-12,
tentang Dewan Saka Bahri dan Dewan Kehormatan Saka Bahari
1.
Dewan
Saka Bahari
a. Susunan
Dan Fungsi :
1. Dewan
Saka Bahari terdiri atas Ketua, Sekretaris, Bendahara dan beberapa anggota yang
berasal dari anggota Saka Bahari dan dipilih oleh anggota Saka Bahari melalui
Musyawarah Saka Bahari.
2. Pada
hakekatnya fungsi Dewan Saka Bahari sama dengan Dewan Ambalan Penegak atau
Dewan Racana Pandega.
3. Dewan
Saka Bahari bertanggung jawab atas perencanaan dan pelaksanaan kegiatan Saka
Bahari sehari-hari.
4. Masa
bakti Dewan Saka Bahari adalah 2 (dua) tahun dapat dipilih kembali untuk masa
bakti berikutnya,sebanyak-banyaknya untuk 2 (dua) kali masa bakti.
b. Syarat-syarat
Keanggotaan Dewan Saka Bahari :
1. Memenuhi
syarat-syarat anggota Saka Bahari.
2. Sedikitnya
sadah aktif dalam Saka Bahari selama 6 (enam) bulan.
3. Memiliki
bakat kepemimpinan yang baik dan pengetahuan serta pengalaman yang memadai
untuk tugasnya sebagai Dewan Saka Bahari.
c. Kewajiban
Dewan Saka Bahari
1. Memimpin
dan melaksanakan kegiatan Saka Bahari secara berdaya guna dan tepat guna dengan
penuh tanggung jawab sesuai dengan tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan
dibawah bimbingan Pamong Saka Bahari.
2. Menjadi
motor penggerak dalam pemikiran, perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan
pengendalian kegiatan Saka Bahari.
3. Menjaga
dan memelihara Citra Saka Bahari di kalangan masyarakat.
4. Memelihara
dan meningkatkan hubungan baik dengan :
a) Pamong
Saka Bahari.
b) Instruktur
Saka Bahari.
c) Mabi
Saka Bahari.
d) Gudep
tempat para anggota Saka Baharinya bergabung.
e) Pengurus/Andalan
Kwartir.
f) Dewan
Kerja Ranting dan Dewan Kerja Cabang.
5. Dengan
bantuan Mabi Saka Bahari Dan Pamong Saka Bahari. Dewan Saka Bahari mengusahakan
tenaga-tenaga ahli atau tokoh-tokoh masyarakat yang berpengetahuan atau
berpengalaman untuk dijadikan instruktur dalam suatu bidang yang diperlukan.
6. Memberi
laporan berkala tentang pelaksanaan kegiatan Saka Bahari kepada Kwartir melalui
Pamong Saka Bahari dan Pimpinan Saka Bahari.
2.
Dewan
Kehormatan Saka Bahari
a.
Dewan Kehormatan Saka Bahari adalah
badan dibentuk oleh Saka Bahari untuk menyelesaikan hal-hal tertentu yang
menyangkut nama baik seorang anggota Saka Bahari Atau Nama baik Saka Bahari dan
menyusun data yang diperlukan untuk pengusulan pemberian anugerah serta tanda
penghargaan kepada anggota Saka Bahari.
b.
Dewan kehormatan Saka Bahari
bersidang karena adanya :
1) Pelangaran
terhadap isi Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tanggga Gerakan Pramuka,
ketentuan-ketentuan Saka Bahari, disiplin, kehormatan Saka Bahari Yang
Dilakukan oleh anggota Saka Bahari, Instruktur Saka Bahari Dewan Saka Bahari,
Pimpinan Krida.
2) Pernyataan
keberatan dan membela diri dari Anggota Saka Bahari yang dianggap melanggar
Anggaran Dasar, Anggaran Rumah Tangga dari ketentuan Gerakan Pramuka.
3) Pernyataan
merehabilitasi nama baik anggota Saka Bahari yang terkena sanksi.
4) Pengusulan
pemberian anugerah atau penghargaan bagi yang berprestasi.
c.
Dewan Kehormatan Saka Bahari memutuskan
pemberian sanksi dalam bentuk :
1) Pemberhentian
sementara.
2) Pemberhentian
keanggotaan Saka Bahari sekaligus pengembalian yang bersangkutan ke Gudepnya.
d.
Dewan kehormatan Saka Bahari
terdiri atas :
1) Pamong
Saka Bahari sebagai ketua.
2) Intruktur
Saka bahari.
3) Dewan
Saka Bahari.
4) Pemimpin
Krida.
e.
Dewan Kehormatan Saka Bahari
memberi laporan tentang keputusan yang diambilnya kepada ketua Gudep anggota
Saka Bahari yang bersangkutan, ketuan kwartir Ranting, Ketua Kwartir Cabang dan
Mabi Saka Bahari melalui Pamong Saka Bahari.
Post a Comment